Monday, March 31, 2014

Daftar Judul Film Iwan Fals



Film-Film Iwan Fals

Penyanyi ini bernama asli Virgiawan Listanto atau yang lebih dikenal dengan nama Iwan Fals. Iwan merupakan salah satu seniman yang legendaris dalam dunia musik Indonesia. Banyak yang menggilai sosok Iwan Fals, meskipun sampai saat ini dunia musik telah diserang oleh band-band dan penyanyi muda dengan menawarkan warna musik yang lebih modern. Tetapi pesona iwan fals tidak mudah dilupakan oleh penikmat musik, sebab adanya ciri khas yang sangat kental dari setiap karya-karyanya yang pantas dikagumi. Selain lagu-lagunya, Iwan juga telah berakting dibeberapa fiIm Indonesia, yang dipersembahkan bagi para penggemarnya berupa iwan fals video.

Beberapa film indonesia yang pernah dibintangi Iwan Fals antara lain :

Damai Kami Sepanjang Hari (1985)
Di film ini Iwan Fals berperan tidak jauh dari kehidupan aslinya. Film ini menceritakan tentang perjuangan seorang anak muda yang menggapai kariernya sebagai musisi namun memiliki banyak halangan. Film ini disutradarai oleh Sophan Sophiaan.

• Kantata Takwa (1990)
Film dokumenter ini baru dirilis pada tahun 2008. Film arahan sutradara Eros Djarot dan Gotot Prakosa merupakan ulasan konser akbar proyek seni Kantata Takwa di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada tahun 1991. Film ini memerlukan waktu pembuatan hingga 18 tahun sampai dirilis karena mengalami berbagai kendala dalam pembuatannya. Hal ini dikarenakan film ini mengandung tema sosial politik dan banyak kritikan dalam film yang sangat mengarah pada sistem pemerintahan saat itu yaitu Orde Baru Indonesia.

• Kekasih (2008)
Dengan berlatar budaya jawa, tepatnya yogyakarta. Film ini bertema tentang seseorang yang mencari cinta sejati. Film ini merupakan pengobat rindu Iwan Fals berakting dalam film layar lebar meski dala film ini Iwan Fals hanya berperan sebagai cameo. Iwan Fals berperan sebagai penyanyi di film yang disutradarai Wisnu Adi ini. Ia menyanyikan lagu Aku Milikmu bersama Pongky “Jikustik”.

Dari setiap film yang dibintanginya, Iwan Fals mengaku pasti melihat dan memilih dulu sebelum memutuskan untuk berperan dalam semua filmnya. Dia juga mengungkapkan bahwa sebenarnya dirinya bukan penggemar film, dia hanya sekedar menonton dan tidak begitu memikirkan jalan cerita atau menghapal para pemainnya. Namun Iwan Fals selalu memperhatikan pesan dan makna dari setiap film yang dimainkannya.

1 comment: